Friday, April 29, 2022

Pentingnya IPS Dalam Program Pendidikan

No comments     
categories: 

Pentingnya IPS Dalam Program Pendidikan

Pada abad ke-20 ditandai dengan terjadinya perkembangan pesat pada berbagai bidang kehidupan, seperti timbulnya ledakan penduduk, ledakan ilmu pengetahuan, dan ledakan teknologi. Hal tersebut menimbulkan berbagai masalah di dalam masyarakat seperti:

  • Permasalahan yang menyangkut pengorganisasian antara lain di bidang pemerintahan, perundang-undangan, pendidikan, penyediaan keperluan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan.
  • Ketegangan-ketegangan di dalam masyarakat baik dalam arti psikis maupun fisik (Misalnya keseimbangan lingkungan, polusi, dan masalah lalu lintas).
  • Masalah pertentangan dan kekaburan nilai.

Akibat dari hal-hal tersebut terjadi gejala kehilangan pandangan menyeluruh, timbulnya spesialisasi yang makin intensif di bidang ilmu pengetahuan, misalnya mengakibatkan ketidakpastian diri, terampas rasa identitas individu, kehilangan nilainilai sosial dan tujuan etis. Mata pelajaran IPS diperlukan sebagai:

  • Pengalaman hidup masa lampau dengan situasi sosialnya yang labil memerlukan masa depan yang mantap dan utuh sebagai suatu bangsa yang bulat.
  • Laju perkembangan kehidupan, teknologi, dan budaya Indonesia memerlukan kebijakan pendidikan yang seirama dengan laju itu.
  • Agar output persekolahan benar-benar lebih cocok dan sesuai serta bermanfaat.
  • Setiap orang akan dan harus terjun ke dalam kancah kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu perlu disiapkan ilmu khusus, yaitu IPS.

Pembelajaran IPS SD

Dilihat dari pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana dunia pendidikan selalu tertinggal dibandingkan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, maka IPS diperlukan sebagai wadah ilmu pengetahuan yang mengharmoniskan laju perkembangan ilmu dan kehidupan dalam dunia pengajaran.

Sebab IPS mampu melakukan lompatan-lompatan ilmu secara konsepsional untuk kepentingan praktis kehidupan yang baru, sesuai dengan perkembangan jaman. IPS oleh para pendirinya secara sengaja diciptakan dan dibina ke arah menuntun generasi muda mampu hidup dalam alamnya (jaman dan lingkungannya) dengan bekal pengetahuan yang baru.

Karena IPS diarahkan demikian, maka susunan konsep-konsep dalam IPS sungguh sangat kompleks dan bervariasi dari berbagai cabang ilmu sosial. Tuntutan dan persoalan kehidupan praktis adalah buah dari lajunya pengetahuan dan teknologi yang menarik lajunya kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, IPS mau tak mau harus berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Demikianlah sekedar gambaran yang melatarbelakangi eksistensinya pelajaran IPS di negara kita. Keberhasilan pengajaran sangat tergantung kepada ketepatan pilihan dan susunan dari konsep-konsep IPS, pendekatan, orientasi program dan pengajarannya serta tingkat inovatifnya para guru IPS itu sendiri.


Soal:
  1. Menurut Muriel Crosby, IPS merupakan studi yang memperhatikan pada bagaimana orang membangun kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan anggota keluarganya, bagaimana memecahkan masalah, bagaimana orang hidup bersama, bagaimana orang mengubah dan diubah oleh lingkungannya. Oleh karenanya, sebagai seorang guru kita harus tahu benar tentang tugas kita dalam mencapai tujuan tersebut kaitannya dalam pembelajaran IPS. Sebagai seorang guru SD, langkah apa saja kiranya yang akan anda lakukan setelah mengetahui pengertian dan tujuan IPS menurut Muriel Crosby tersebut?
  2. Jika kita melihat sejarah kurikulum IPS dari masa ke masa sering mengalami perubahan fokus dan tujuannya. Pada masa Orde lama atau selang beberapa waktu setelah kemerdekaan Republik Indonesia, Kurikulum IPS berfokus pada bagaimana mempertahankan keutuhan bangsa den Negara serta bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi. Untuk saat sekarang ini, yang seharusnya menjadi fokus dalam pembelajaran IPS menurut pandangan anda ialah? Jelaskan mengapa!
  3. Pembelajaran IPS meliputi 4 Dimensi yakni Dimensi Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (skill), Nilai dan Sikap (value and attitude), serta Tindakan (action). Jelaskan masing-masing dimensi tersebut! Sebagai seorang guru SD, bagaimana anda menerapkan atau mengajarkan masing-masing dimensi tersebut dalam pembelajaran IPS di SD? 
  4. Hampir semua mata pelajaran memiliki problematikanya masing-masing baik dari sudut pandang guru ataupun peserta didik, begitu pula dalam pembelajaran IPS. Jelaskan secara detail beberapa problematika yang anda jumpai dalam pembelajaran IPS beserta solusi apa yang kiranya dapat anda tawarkan sebagai seorang guru SD! 
  5. Isu-isu yang berkaitan dengan sosial budaya tidak dapat kita hindari dalam kehidupan bermasyarakat. Semuanya harus kita hadapi dengan pola berpikir kritis yang berlandaskan ilmu pengetahuan. Sebutkan salah satu isu sosial budaya yang ada di lingkungan anda dan berikan solusinya! Jelaskan pula bagaimana anda sebagai seorang guru SD mengemas isu-isu tersebut ke dalam pembelajaran IPS di SD agar mampu menjadi pelajaran bagi peserta didik demi kehidupan yang lebih baik di masa mendatang!

UPLOAD jawaban anda → DI SINI

0 comments:

Post a Comment