Sunday, March 26, 2023

Materi Kuliah Pembelajaran IPS SD

Materi Kuliah Pembelajaran IPS SD

Materi Kuliah Pembelajaran IPS SD
Materi Kuliah Pembelajaran IPS SD

Mata Kuliah Pembelajaran IPS SD ini membahas hakekat, esensi, substansi dari Pembelajaran IPS berdasarkan pada pengalaman sosial siswa di masyarakat, membentuk kepribadian siswa yang cinta pada lingkungan masyarakat, memahami lokal wisdom yang ada di masyarakat, dan memahami bagaimana mengimplementasikan pembelajaran IPS yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Pembahasan dalam Mata Kuliah ini meliputi : 1). Konsep, Tujuan, Prinsip dan Pengembangan materi IPS ; 2). Problematika pembelajaran IPS SD dan isu-isu sosial budaya juga dampak globalisasi dan teknologi terhadap perilaku masyarakat yang dikaji dalam pembelajaran IPS ; 3). Mengkaji dan Mempraktekkan metode dan model pembelajaran IPS yang inovatif ; 4). Merancang Media pembelajaran IPS ; 5).  Pendekatan Saintifik dan Asesment autentik pembelajaran IPS.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidangnya terutama di bidang Pembelajaran IPS SD 
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar
  3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 
  4. Mampu mengaplikasikan konsep Pembelajaran IPS SD yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar 


Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)

  1. Mahasiswa memahami konsep pembelajaran IPS, Tujuan dan Prinsip Pembelajaran IPS
  2. Mahasiswa memahami Pengembangan Kurikulum materi IPS SD   
  3. Mahasiswa mengetahui Pembelajaran Tematik dan IPS Terpadu
  4. Mahasiswa mengidentifikasi dan menjelaskan problematika pembelajaran IPS SD
  5. Mahasiswa menjelaskan mengenai isu-isu sosial budaya dalam pembelajaran IPS
  6. Mahasiswa melakukan study lapangan mengenai dampak globalisasi dan teknologi terhadap perilaku masyarakat yang dikaji dalam pembelajaran IPS SD
  7. Mahasiswa dapat merancang inovasi pembelajaran IPS secara daring, luring, Home Visit, dan Blanded learning
  8. Mahasiswa memahami standar kompetensi dan kemampuan guru IPS dan karakteristik siswa SD
  9. Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan metode dan model pembelajaran inovatif dan exploratif dalam pembelajaran IPS SD
  10. Mahasiswa mapu memahami dan membuat media pembelajaran IPS yang inovatif dan Kreatif sesuai dengan materi di Sekolah Dasar
  11. Mahasiswa mampu merancang pembelajaran IPS SD menggunakan pendekatan Saintifik
  12. Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang Asesment autentik Pembelajaran IPS SD


Materi Kuliah Pembelajaran IPS SD

1. Konsep pembelajaran IPS, Tujuan dan Prinsip Pembelajaran IPS 

  • Konsep pembelajaran IPS
  • Tujuan pembelajaran IPS
  • Prinsip Pembelajaran IPS

2. Pengembangan Kurikulum materi IPS SD   

  • Materi pembelajaran IPS SD
  • Kurikulum pembelajaran IPS SD

3. Pembelajaran Tematik dan IPS Terpadu

  • Pembelajaran Tematik
  • Pembelajaran IPS Terpadu

4. Problematika pembelajaran IPS SD

  • Problematika pembelajaran IPS di SD yang sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat
  • Problematika pembelajaran IPS SD dan solusi pemecahan masalah pembelajaran IPS SD

5. Isu-isu sosial budaya dalam pembelajaran IPS

  • Isu-isu dan wacana sosial budaya di masyarakat yang terkait dengan pembelajaran IPS
  • Isu-isu sosial budaya dalam impelmentasi pembelajaran IPS di SD

6. Dampak globalisasi dan teknologi terhadap perilaku masyarakat yang dikaji dalam pembelajaran IPS SD

  • Dampak globalisasi dan teknologi terhadap perilaku masyarakat yang dikaji dalam pembelajaran IPS
  • Dampak  globalisasi dan teknologi terhadap perilaku masyarakat yang dikaji dalam pembelajaran IPS melalui studi lapangan

7. Inovasi pembelajaran IPS secara daring, luring, Home Visit, dan Blanded Learning

  • Konsep pembelajaran IPS SD secara daring, luring, Home Visit, dan Blanded learning 
  • Inovasi pembelajaran IPS SD secara daring, luring, Home Visit, dan Blanded learning
  • Membuat portopolio dengan menganalisis SWOT mengenai pembelajaran IPS secara daring, luring, Home Visit, dan Blanded learning

8. Standar kompetensi dan kemampuan guru IPS dan karakteristik siswa SD

  • Kompetensi dan kemampuan guru Profesional
  • Karakteristik siswa SD

9. Metode dan model pembelajaran inovatif dan exploratif dalam pembelajaran IPS SD

  • Metode dan model pembelajaran inovatif dan exploratif yakni Mind Mapping, Paired Story telling, Problem Based Learning, Match a Match, Example non example, kooperatif, metode Brainstromingi

10. Media pembelajaran IPS yang inovatif dan Kreatif sesuai dengan materi di Sekolah Dasar

  • Media pembelajaran IPS yang inovatif dan Kreatif sesuai dengan materi di Sekolah Dasar
  • Merancang media pembelajaran IPS yang inovatif dan Kreatif sesuai dengan materi di Sekolah Dasar

11. Pembelajaran IPS SD menggunakan pendekatan Saintifik

  • Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPS
  • Pembelajaran IPS melalui pendekatan Saintifik

12. Asesment autentik Pembelajaran IPS SD

  • Penilaian pembelajaran IPS
  • Merancang Asesment autentik Pembelajaran IPS



Download Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Pembelajaran IPS SD klik DI SINI

0 comments:

Post a Comment