Sunday, March 26, 2023

Materi Kuliah Pendidikan Karakter

Materi Kuliah Pendidikan Karakter

Materi Kuliah Pendidikan Karakter
Materi Kuliah Pendidikan Karakter

Mata Kuliah Pendidikan Karakter membahas secara mendalam konsep dan aplikasi pendidikan karakter. Sehingga materi mata kuliah ini banyak membahas konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah termasuk didalamnya upaya mengembangkan karakter mahasiswa. Isi pokok mata kuliah ini meliputi konsep dasar karakter dan pendidikan karakter, konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di masyarakat, dan konsep dasar dan pola pengembangan penilaian otentik karakter. Sehingga kelak mampu bekerja di lingkungan lembaga pendidikan dengan baik dan berkarakter serta mampu membina karakter siswa.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidangnya terutama di bidang Pendidikan Karakter 
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar
  3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 
  4. Mampu mengaplikasikan konsep Pendidikan Karakter yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar 


Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar karakter
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan hakikat Manusia   
  3. Mahasiswa mampu menganalisis hubungan karakter dan kepribadian manusia
  4. Mahasiswa mampu menganalisis proses pembentukan karakter dalam diri manusia
  5. Mahasiswa mampu membiasakan perilaku hormat pada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
  6. Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar pendidikan berkarakter
  7. Mahasiswa mampu menganalisis cara mengembangkan ruang kelas yang berkarakter dan strategi pengembangannya
  8. Mahasiswa mapu menciptakan proses pembelajaran berbasis karakter
  9. Mahasiswa mampu memahami cara dan strategi menciptakan sekolah berkarakter
  10. Mahasiswa mampu memahami dan menciptakan keluarga berkarakter
  11. Mahasiswa mampu memahami cara dan upaya menciptakan masyarakat berkarakter
  12. Memahami penilaian otentik dalam konteks penilaian karakter


Materi Kuliah Pendidikan Karakter

1. Konsep Dasar Karakter

  • Konsep dan dasar karakter. 
  • Dimensi karakter baik

2. Hakikat Manusia   

  • Konsep penciptaan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan, makhluk individu, makhluk sosial, makhluk yang unik dan multidimensi 
  • Tugas dan kewajiban manusia di muka bumi (hubungan vertikal dan horisontal)

3. Hubungan Karakter dan Kepribadian

  • Eksistensi karakter dan kepribadian manusia 
  • Refleksi kepribadian secara jujur

4. Pembentukan Karakter

  • Proses pembentukan karakter yang meliputi proses mengetahui, menghayati, melakukan, dan membiasakan
  • Contoh-contoh karakter yang baik
  • Cara mengkondisikan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter
  • Keteladanan tokoh-tokoh yang memiliki karakter baik melalui penyusunan sinopsis biografi tokoh

5. Perilaku hormat pada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan

  • Bentuk-bentuk penghormatan pada diri sendiri melalui kegiatan peer assessment.
  • Cara membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari (seperti olahraga teratur, makan dan minum secara sehat) 
  • Sikap-sikap pengendalian diri (seperti percaya diri, sabar, dan teguh pendirian)
  • Cara membiasakan menghormati orang lain seperti dengan 5 S + 1 J (Senyum, Salam, Sapa , Sopan, dan Santun + Jabat tangan), saling mendoakan, saling memaafkan, dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
  • Kepedulian terhadap kesehatan sesama (seperti tidak merokok sembarangan, menjaga kebersihan, alkoholisme, dan narkoba)
  • Perilaku hormat, santun, dan peduli kepada sesama warga kampus dan menghargai pendapat orang lain melalui pembiasaan
  • Cara menjaga kenyamanan dan kebersihan ruang kuliah dengan membiasakan menjaga kebersihan kelas dan merawat peralatan di dalam kelas. 
  • Menjaga kebersihan dan lingkungan kampus dengan membiasakan menjaga kebersihan lingkungan 
  • Turut memelihara fasilitas kampus

6. Konsep Dasar Pendidikan Karakter

  • Pengertian Pendidikan Karakter
  • Tujuan pendidikan karakter
  • Saluran-saluran pendidikan karakter

7. Mengembangkan ruang kelas yang berkarakter dan strategi pengembangannya

  • Cara membangun ikatan dan model karakter. 
  • Guru sebagai model
  • Disiplin, interaksi dan kepedulian serta kerjasama kelas berbasis karakter

8. Proses pembelajaran berbasis karakter

  • Kurikulum dan pendidikan karakter
  • Desain sistem dan proses pembelajaran dan pendidikan karakter
  • Strategi mengembangkan dan membangun pembelajaran berbasis karakter

9. Cara dan strategi menciptakan sekolah berkarakter

  • Hakikat sekolah berkarakter
  • Nilai karakter yang dikembangkan sekolah 
  • Membangun budaya moral di sekolah
  • Mengembangkan sekolah demokratis, berdisiplin moral, kooperatif dan progresif berbasis berkarakter

10. Keluarga berkarakter

  • Strategi mendidik anak berkarakter di sekolah
  • Membangun kemitraan sekolah dan orang tua dalam pengembangan karakter anak
  • Strategi Pemberdayaan Keluarga bagi Pendidikan Karakter Anak

11. Cara dan upaya menciptakan masyarakat berkarakter

  • Konsep dasar masyarakat berkarakter
  • Strategi Menciptakan masyarakat berkarakter

12. Penilaian otentik dalam konteks penilaian karakter

  • Konsep dasar penilaian otentik
  • Bisakah karakter anak dinilai? 
  • Strategi pengembangan penilaian karakter berbasis penilaian otentik



Download Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Pembelajaran IPS SD klik DI SINI

0 comments:

Post a Comment